Upacara HUT RI ke-74

  • 0

Upacara HUT RI ke-74

Category : Berita

17 Agustus selalu menjadi moment penting bagi bangsa Indonesia, karena merupakan hari kemerdekaan Indonesia.

Upacara bendera peringatan HUT Kemerdekaan RI tidak hanya digelar oleh instansi pemerintah maupun BUMN saja, akan tetapi seluruh elemen masyarakat juga turut serta memperingati hari bersejarah bagi bangsa Indonesia tersebut.

Begitu juga yang dilakukan oleh Sekolah SMP Islam terpadu At Taqwa Surabaya, dalam rangka memperingati HUT RI yang ke-74 mengadakan upacara bendera pada hari Sabtu, 17 Agustus 2019 yang bertempat dilapangan utama sekolah. Kegiatan ini diikuti oleh semua civitas sekolah dari mulai siswa, guru, dan karyawan.

Adapun tujuan dari pelaksanaan upacara bendera ini tidak lain adalah untuk menanamkan rasa nasionalisme dan patriotisme pada siswa serta mengenang para pahlawan yang telah gugur dimedan pertempuran untuk meraih kemerdekaan

Berikut tujuan upacara bendera peringatan HUT kemerdekaan RI antara lain sebagai berikut:

1. Mengenang perjuangan pahlawan bangsa

Upacara bendera memperingati HUT Kemerdekaan RI merupakan salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mengenang dan juga menghargai jasa-jasa para pahlawan bangsa yang telah gugur memerjuangkan kemerdekaan negara Republik Indonesia tercinta.

2. Memperkuat persatuan dan kesatuan

Upacara bendera HUT RI dapat menjadi momentum yang tepat untuk semakin menguatkan persatuan dan kesatuan seluruh elemen bangsa sebagai cara memaknai kemerdekaan yang dapat dirasakan manfaatnya oleh semua warga negara. Saling menghargai dan menghormati antara suku dan kelompok lain.

3. Meningkatkan cinta tanah air

Pelaksanaan upacara bendera HUT RI yang berlangsung secara khidmat dapat menjadikan peserta upacara lebih mencintai tanah air dan bangga sebagai bangsa Indonesia, sehingga jiwa nasionalisme dan patriotisme akan meningkat.

4. Upaya refleksi diri

Kekhidmatan dalam upacara dapat dijadikan untuk refleksi diri para peserta upacara agar bisa melakukan sesuatu yang lebih baik bagi Indonesia dan menghargai jasa-jasa para pahlawan bangsa.


Leave a Reply