Cinta Al Qur’an : Munaqosyah SMP Islam Terpadu At Taqwa 2018

  • 0

Cinta Al Qur’an : Munaqosyah SMP Islam Terpadu At Taqwa 2018

Category : Uncategorized

” D a r i U s m a n b i n A f f a n r a , i a b e r k a t a , R a s u l u l l a h S A W b e r s a b d a ,

“Orang yang paling baik di antara kalian adalah yang mempelajari Al-Qur’an dan mengajarkannya”.

(Hadits shahih, riwayat Al-Bukhari, Abu Dawud, Al Tirmidzi, Ibnu Majah, dan Al Damiri

Alhamdulillah pelaksanaan Munaqosyah di SMP IT At Taqwa berjalan dengan baik dan lancar, sesuai dengan program Al Qur’an, bahwa Munaqosyah bertujuan untuk mengukur dan menyaring kemampuan siswa dalam membaca Al-Qur’an dan menghafal juz 30, juz 29 dan juz 1 dengan baik dan benar serta memberikan sebuah bentuk penghargaan/apresiasi kepada siswa yang telah berhasil membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar serta menghafalkan juz 30, juz 29 dan juz 1.

Alhamdulillah pada tahun 2018 ini, SMP IT At Taqwa pertama kalinya menguji hafalan/ tahfiz Al Qur’an sebanyak 3 juz, yakni juz 30-29-1. Pada pelaksanaan Munaqosyah siswa telah dilaksanakan 2 gelombang, dimana gelombang 1 dilaksanakan pada hari Jum’at, 23 Februari 2018 dan gelombang 2 dilaksanakan pada hari Jum’at, 23 Maret 2018. Pada Munaqosyah gelombang 1 telah diikuti 73 siswa, dengan kategori binnadzor yang diikuti 22 siswa, kategori bilhifdzi juz 30 diikuti 26 siswa, serta kategori bilhifdzi juz 29 diikuti 25 siswa. Kami juga telah mengundang Walimurid untuk hadir di acara Munaqosyah tersebut untuk memberikan do’a maupun support secara langsung.

Pada Munaqosyah gelombang 2 telah diikuti 69 siswa, dengan kategori binnadzor yang diikuti 26 siswa, kategori bilhifdzi juz 30 diikuti 10 siswa, kategori bilhifdzi juz 29 diikuti 22 siswa serta kategori bilhifdzi juz 1 yang diikuti 11 siswa. Dengan doa restu langsung dari Walimurid yang hadir untuk menyaksikan proses Munaqosyah.

Dengan jumlah 155 siswa terebut, hasil Munaqosyah pada 2 gelombang, menunjukkan hasil di kategori binnadzor ada 8 siswa yang tidak lulus (2 siswa kelas 8 dan 6 siswa kelas 9, dan di kategori bilhifdzi juz 30 alhamdulillah semua lulus, di kategori bilhifdzi juz 29 alhamdulillah semua lulus serta di kategori bilhifdzi juz 1 alhamdulillah semua lulus juga.

Evaluasi dan perbaikan untuk tahun depan, kami mendapatkan banyak masukan dari 4 Munaqisy (penguji) yakni ustaz Nasich, ustazah Husna, ustaz Syifa’ dan ustaz Chudlori dimana upaya sekolah untuk meningkatkan kualitas baca tartil Al Qur’an (binnadzor) dalam aspek fashohah dan ghorib musykilat, terutama dalam sifatul huruf; seperti 7 huruf isti’lak dan cara membuat waqof ibtida’ yang lebih baik sesuai panduannya. Serta saran dan motivasi untuk guru-guru mengaji dan siswa pada kategori tahfiz (bilhifdzi) yaitu SMP IT At Taqwa dianjurkan untuk mempersiapkan mental, materi, murojaah dan tasmi’an secara sungguh-sungguh dan kalau bisa dalam mempersiapkannya jangan 100%, tapi harus 1000%.

(kata ustaz Nasich – Munaqisy dari masjid Al Akbar Surabaya).

Sesungguhnya orang yang membaca Al-quran sedangkan ia mahir melakukannya,

kelak mendapat tempat dalam surga bersama rasul-rasul yang mulia lagi baik

sedangkan orang yang membaca Al-Quran tetapi ia tampak agak berat lidahnya (belum lancar )

ia akan mendapat dua pahala, (HR : Abu Dawud )


Leave a Reply

Agenda Spittaq

Mar
8
Thu
12:00 am Pendaftaran SISWA BARU 2018/2019 @ SMP Islam Terpadu At Taqwa
Pendaftaran SISWA BARU 2018/2019 @ SMP Islam Terpadu At Taqwa
Mar 8 @ 12:00 am – May 30 @ 12:00 am
Pendaftaran SISWA BARU 2018/2019 @ SMP Islam Terpadu At Taqwa | Jawa Timur | Indonesia
Ayah dan bunda yang di Rahmati oleh ALLAH SWT SMP Islam Terpadu AT-TAQWA Surabaya telah membuka PENDAFTARAN Siswa Baru Tahun Pelajaran 2018/2019 dengan sistem REGULER. Bagi para orang tua yang memiliki putra-putri usia siap masuk