PENTINGNYA LITERASI DALAM MENYIAPKAN GENERASI MUSLIM YANG UNGGUL

  • 0

PENTINGNYA LITERASI DALAM MENYIAPKAN GENERASI MUSLIM YANG UNGGUL

Category : Seputar Spittaq

PENTINGNYA LITERASI DALAM MENYIAPKAN

GENERASI MUSLIM YANG UNGGUL

Oleh: Luthfi

“Bacalah dengan (menyebut) nama Tuhanmu Yang menciptakan. Dia telah menciptakan manusia dari segumpal darah. Bacalah, dan Tuhanmulah Yang Maha Pemurah. Yang mengajar (manusia) dengan pelantaraan kalam. Dia mengajarkan kepada manusia apa yang tidak diketahuinya” (Qs. Al-‘Alaq 1-5).

Dalam ayat di atas sudah jelas sekali jika budaya baca dan tulis sangat berpengaruh terhadap peradaban dan juga berpengaruh terhadap kesadaran serta tingkah laku umat Islam untuk berbudaya baca dan tulis. Motivasi yang di munculkan dari ayat-ayat Al Qur’an tidak lain sebagai embrio lahirnya intelektualitas dalam Islam.

Dari intisari ayat di atas memberi inspirasi dan motivasi pada kita bahwa ada empat hal penting yang kita bias ambil maknanya. Pertama, perintah membaca dan menulis. Kedua, perintah mencari ilmu pengetahuan. Ketiga, inspirasi tradisi manajemen dan administrasi. Keempat, bahasa-bahasa Al-Qur’an yang identik dengan tradisi literasi. Kenapa dalam Al-Qur’an menyerukan agar umat Islam memperkuat tradisi baca dan tulis? Karena dengan membaca akal pikiran semakin berpengaruh untuk belajar menjadi bijaksana, sedangkan menulis adalah sebuah cacatan sejarah soalnya waktu tak mungkin terulang kembali. Sebuah peradaban zaman akan dapat di nilai dan juga dijadikan rujukan setelahnya tak lain karena peninggalan karya-karya dalam tulisan. Ada pepatah bilang yang terucap akan terbawa dengan angin dan yang tertulis akan tetap mengabadi.

Untuk menciptakan generasi yang unggul dan cerdas, maka manusia harus rajin membaca dan menulis. Tidak mungkin ada kecerdasan dan keunggulan manusia tanpa membaca dan menulis. Oleh sebab itu budaya literasi harus betul-betul digalakan baik melalui pendidikan formal maupun non formal.

Berikut adalah contoh kejayaan dunia Islam yang dibangun melalui gerakan kepenulisan dan buku-buku berkualitas yakni Dinasti Abbasiyah. Dinasti ini unggul karena adanya gerakan menulis yang dilakukan oleh para ulama serta ketersediaan buku-buku diperpustakaan. Dinasti Abbasiyah juga mendirikan perpustakaan yang sampai kini sanggat terkenal di dunia, yakni Baitul Hikam. Dari sini muncul tokoh-tokoh hebat seperti Imam Malik, Imam Syafi’i, Imam Bukhori dan berbagai filosof Muslim lainnya.

Untuk menciptakan manusia yang cerdas dan unggul itu, setidaknya ada tiga hal yang harus dilakukan. Pertama,  menekankan kepada setiap anggota masyarakat akan pentingnya dunia membaca. Pada masa Dinasti Abbasiyah, kehidupan peradaban Islam mencapai puncak keemasan (the Golden Age).  Umat Islam dalam segala hal, kemuliaan, kekayaan, kekuasaan, politik, ekonomi, ilmu pengetahuan, dan lain sebagainya.

Kedua, membiasakan budaya menulis. Dalam berbagai bidang, kita disuruh untuk menulis. Semua aktifitas yang kita lakukan tidak terlepas dari hal tulis menulis, seperti Jual beli, bisnis, utang-piutang, membuat bangunan, tak lepas dari dunia tulis menulis. Maka alangkah naifnya, bila budaya menulis mulai memudar di kalangan masyarakat pada saat ini.

Ketiga, adalah budaya dikusi. Dengan berdiskusi maka akan muncul berbagai macam ide dangagasan kreatif, sehingga banyak hal dan permasalahan yang bisa diungkap dan diselesaikan.


Leave a Reply

Agenda Spittaq

Mar
8
Thu
12:00 am Pendaftaran SISWA BARU 2018/2019 @ SMP Islam Terpadu At Taqwa
Pendaftaran SISWA BARU 2018/2019 @ SMP Islam Terpadu At Taqwa
Mar 8 @ 12:00 am – May 30 @ 12:00 am
Pendaftaran SISWA BARU 2018/2019 @ SMP Islam Terpadu At Taqwa | Jawa Timur | Indonesia
Ayah dan bunda yang di Rahmati oleh ALLAH SWT SMP Islam Terpadu AT-TAQWA Surabaya telah membuka PENDAFTARAN Siswa Baru Tahun Pelajaran 2018/2019 dengan sistem REGULER. Bagi para orang tua yang memiliki putra-putri usia siap masuk