TRIK SUKSES RAMADHAN

TRIK SUKSES RAMADHAN

Category : Artikel

Bulan suci yang dinantikan kini telah tiba

Ramadhan kembali hadir dengan rahmatNya

………………………..

 

Alhamdulillah, bulan yang kita rindukan bahkan sejak ramadhan 1437 tahun kemarin kini telah menyapa kita lagi. Sobat, tentunya kita pingin Ramadhan tahun ini kita bisa sukses menjalaninya. Bahkan bisa lebih sukses dari tahun kemaren. Kita ada tips dan trik sukses ramadhan, simak terus sampai akhir ya!!

 

  1. Mantapkan Niat

Sobat!! Niat itu penting lho,, sebagaimana hadits Rasulullah yang diriwayatkan oleh dua imam hadits, Imam Bukhori dan Imam Muslim. Yang artinya,”Sesungguhnya amal itu tergantung pada niatnya………”. Niat kita jangan nanti dapat baju baru kalo habis Ramadhan alias ketika lebaran. Niatkan bahwa kita akan menjadi baru atau bahasa kerennya be new you. Kuatkan niatnya ya!!

 

  1. Buat Persiapan yang Matang

Seorang atlit yang ingin juara akan mempersiapkan segala yang terbaik agar di kejuaraan bisa memberikan perform yang terbaik. Dari latihan, makanan sampai perlengkapannya disiapkan dengan se perfect mungkin. Nah kita yang pingin menjadi pribadi yang baru dan lebih baik. Terlebih di bulan yang penuh barokah. Yang perlu kita siapin contohnya aja fisik, dengan sering olah raga agar puasa nanti kita nggak jadi “loyo” untuk melaksankan seabrek aktivitas ibadah. Trus perbanyak ibadah dan tilawah (baca al Qur’an), dan sebagainya

 

  1. Kuasai Ilmunya

Bulan Ramadhan itu penuh dengan “obral” pahala. Jangan sampai lewat gitu aja di depan kita. Bakalan rugi kalo kita nyantai-nyantai saja. Kita musthi optimalkan ibadah kita. Dan ibadah itu kudu pake ilmu. Orang nyangkul aja harus pake ilmu, maka ibadahpun juga kudu pake ilmu. Mulai dari hukum puasa, yang membatalkan baik puasanya maupun pahalanya, ibadah-ibadah apa yang bisa lakukan, apa aja keutamaan-keutamaannya dan sebagainya.

 

  1. Tetapkan Target

Target ini penting banget buat kita. Guna memicu semangat kita. Ayo rancang target-targetnya biar kita sukses ngejalanin ramadhan tahun ini. Sebagai contoh di bawah ini, tapi bisa juga dicontoh buat sobat-sobat sekalian:

  1. Khatam baca Al Qur’an 6 kali
  2. Muroja’ah dan menambah hafalan Al Quran
  3. Memperbaiki akhlaq
  4. Memperbanyak shodaqoh dan temen2nya

 

  1. Lakukan Amal Kebaikan Semaksimal Mungkin

Sobat dah tau kan kalo pahala di bulan ini di ”obral”, dilipat gandakan. Baik yang wajib maupun sunah semuanya dilipatgandakan. So, kita harus semaksimal mungkin melaksanakannya. Buatlah seolah-olah ramadhan tahun ini yang terakhir bagi kita, sebagai pendorong/pemicu bagi kita untuk beramal sebaik mungkin. Karena Allah berfirman dalam surat Al Mulk ayat 2, “ yang menjadikan mati dan hidup, supaya Dia menguji kamu, siapa diantara kamu yang lebih baik amalnya……”

Ramadhan adalah sarana kita untuk meraih amalan yang terbaik dan mencari rahmat dari Allah SWT.

 

  1. Carilah Lailatul Qodr

“ Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan. Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan Malaikat Jibril dengan izin Tuhannya untuk mengatur segala urusan.. Malam itu (penuh) Kesejahteraan sampai terbit fajar.” (QS Al Qodr ayat 3-5).

 

Mari kita mencarinya dengan beri’tikaf di masjid di sepuluh hari terakhir (pendapat para ulama). Semoga kita mendapatkannya.

 

  1. Ciptakan Lingkungan yang Mendukung

Lingkungan juga penting lho, coba bayangkan lagi panas-panasnya matahari menyengat tubuh kita yang sedang puasa. Eh di depan mata ada orang yang sedang minum ice dengan santainya. Tapi jangan menggerutu terus ya.. kita bisa kok mencari lingkungan yang mendukung proses ibadah kita denga ‘itikaf di 10 hari terakhir. Atau kita ajak teman2 kita untuk menciptakan lingkungan yang asyik untuk beribadah.

Semoga kita semua sukses di ramadhan tahun ini.


Leave a Reply