LONG MARCH MENUJU SUKSES ISO 9001:2015

  • 2

LONG MARCH MENUJU SUKSES ISO 9001:2015

Category : Seputar Spittaq

Seakan menjadi sebuah keniscayaan, bahwa hasil takkan mengkhianati proses. Namun dibutuhkan jalinan alur yang berliku untuk menghasilkan sebuah proses yang matang dan berkualitas. Begitu juga yang terjadi pada perjuangan Tim ISO SMP At-Taqwa (Spittaq) dalam menyukseskan ISO 9001:2015. Di awal perjalanan menuju sukses ISO, ISO merupakan sebuah konsep yang asing dan sudlit dikenali, namun di tengah perjalanan, baru kami mendapatkan sebuah konsep esensial mengenai ISO yang menurut kami penting dalam mengatur sebuah lembaga pendidikan.

Tentu saja intisari ISO tidak serta merta kami dapatkan secara otomatis. Ini bisa kami peroleh setelah sekian lama berguru kepada Konsultan ISO, Bu Yuyun dan Pak Dwandi, yang tentu saja tidak hanya melalui satu dua kali pemberian materi. Setelah sekian lama, mulai November, tim ISO di Spittaq bergulat dengan yang namanya SOP atau prosedur di masing-masing divisi, mulai mengenal metode PDCA (Plan – Do – Check – Action) hingga pada akhirnya mulai akrab di telinga dan bisa memahami aplikasi dalam praktek. Dari pemahaman inilah, kami menjadi paham bahwa dunia pendidikan pun membutuhkan sebuah proses manajemen yang rapi, yang terencana, terukur, terawasi, dan mampu di-tindak lanjut-i.

Dalam penyusunan prosedur ISO, Tim ISO Spittaq sempat mengalami efisiensi jumlah anggota. Hal ini bukannya tanpa alasan, karena banyaknya agenda akhir tahun selain audit ISO yang harus diselesaikan oleh Spittaq, maka dirasakan perlu untuk diadakan efisiensi tim. Dan alhamdulillah, dengan efisiensi jumlah tim ISO, efektivitas dan hasil yang maksimal dirasa meningkat.

Puncak perjuangan Tim ISO mencapai titik kulminasi pada tanggal 19 Mei 2017, ketika pelaksanaan audit eksternal yang dieksekusi oleh tim dari QuayAudit dengan Lead Auditornya, Pak Azhari Zulkarnain. Proses audit ini terasa sangat panjang dan melelahkan, tapi dari proses ini terlihat kerja sama Tim ISO yang teruji dan terlihat saling mengisi, saling mendukung, dan saling membantu. Alhamdulillah, setelah proses audit dari pukul 08.30 sampai 15.00, SMP Islam Terpadu At-Taqwa dinyatakan lulus audit sertifikasi ISO 9001:2015. Semoga kesuksesan kali ini tidak membuat kami semakin meninggi, tetapi semakin menjadikan kami tim yang solid dan semakin bersemangat dalam merapikan manajemen lembaga ini untuk memajukan pendidikan Islam di Surabaya.


2 Comments

smait baitussalam prambanan

December 7, 2017 at 10:30 am

assalamu’alaikum. wah.. sudah mencari sertifikasi ISO. semoga Allah memberi kemudahan

http://smait.baitussalam.sch.id/

    admin

    January 26, 2018 at 10:42 am

    waalaykumsalam warohmatulloh. Alhamdulillah sudah SMP At-Taqwa telah tersertifikasi ISO

Leave a Reply

Agenda Spittaq

Mar
8
Thu
12:00 am Pendaftaran SISWA BARU 2018/2019 @ SMP Islam Terpadu At Taqwa
Pendaftaran SISWA BARU 2018/2019 @ SMP Islam Terpadu At Taqwa
Mar 8 @ 12:00 am – May 30 @ 12:00 am
Pendaftaran SISWA BARU 2018/2019 @ SMP Islam Terpadu At Taqwa | Jawa Timur | Indonesia
Ayah dan bunda yang di Rahmati oleh ALLAH SWT SMP Islam Terpadu AT-TAQWA Surabaya telah membuka PENDAFTARAN Siswa Baru Tahun Pelajaran 2018/2019 dengan sistem REGULER. Bagi para orang tua yang memiliki putra-putri usia siap masuk