Kebugaran Jasmani Mampu Tingkatkan Kinerja Seseorang

Kebugaran Jasmani Mampu Tingkatkan Kinerja Seseorang

Category : Artikel

Kebugaran Jasmani

Ada 3 hal penting dalam kebugaran jasmani, yaitu :

  1. Fisik, berkenaan dengan otot, tulang, dan bagian lemak.
  2. Fungsi Organ, berkenaan dengan efisiensi sistem jantung, pembuluh darah, dan pernapasan (paru – paru).
  3. Respon Otot, berkenaan dengan kelenturan, kekuatan, kecapatan, dan kelemahan.

Kerja fisik ataupun latihan dalam jangka pendek misalnya kurang dari 5 menit, belum mutlak memerlukan pembakaran dengan oksigen. Akan tetapi, kerja fisik yang lebih lama, proses pembentukan energi hanya dapat terus berlangsung melalui pembakaran dengan oksigen. Dengan demikian, jantung, peredaran darah, dan paru – paru (alat pernapasan) harus giat bekerja untuk menyalurkan oksigen ke bagian – bagian tubuh yang aktif bekerja. Jadi, gerak kerja ataupun latihan yang cukup lama sebenarnya mendorong kerja jantung, peredaran darah, dan paru – paru sehingga dapat menghasilkan perubahan – perubahan ke arah yang lebih baik dari keadaan daya tahan tubuh, terutama jantung. Adapun perubahan-perubahan tersebut dinamakan “efek latihan”. Efek latihan itu anatara lain :

  1. Alat – alat pernapasan bertambah kuat sehingga memungkinkan aliran udara yang cepat ke dalam dan keluar paru – paru.
  2. Kerja jantung bertambah kuat dan efisien untuk dapat memompakan lebih banyak darah yang mengandung oksigen pada tiap denyutan.
  3. Peredaran darah menjadi lancar sehingga unsur – unsur gizi makanan dapat dengan mudah disuplai ke seluruh jaringan tubuh.
  4. Tegangan (tonus) otot di seluruh tubuh meningkat sehingga menjadi lebih kuat.

 

Manfaat Kebugaran Jasmani

Berikut ini manfaat yg diperoleh dari kebugaran jasmani.

  1. Meningkatkan sirkulasi darah dan sistem kerja jantung, sehingga meningkatkan semangat kerja.
  2. Meningkatkan stamina dan kekuatan tubuh sehingga tubuh menjadi lebih energik untuk melakukan aktifitas / pekerjaan.
  3. Memiliki kemampuan pemulihan organ-organ tubuh secara tepat setelah latihan.
  4. Memiliki respon tubuh yg cepat untuk melakukan kegiatan / pekerjaan.

 

Cara Melakukan Kebugaran Jasmani

Tubuh sehat dan bugar adalah dambaan setiap orang. Tubuh yang segar tentu saja tidak diperoleh dengan instan. Perawatan tubuh diperlukan agar tubuh tetap segar. Berikut ini beberapa cara perawatan tubuh untuk meningkatkan kebugaran jasmani :

  1. Makanan yang cukup dan bergizi

Fungsi makanan bagi tubuh adalah untuk mendapatkan tenaga,zat-zat pembagun sel tubuh, meningkatkan daya tahan tubuh, dan kelancaran segala macam proses yang terjadi dalam tubuh. Selain itu mengonsumsi air putih dan buah-buahan yang cukup dapat membuat kulit tampak segar. Buah-buahan mengandung anti oksidan yang dapat menunda penuaan kulit sehingga tubuh tampak lebih segar.

  1. Membiasakan Hidup Sehat

Dewasa ini pola hidup terutama di kalangan remaja banyak menunjukkan cara hidup yang tidak sehat. Merokok, minuman keras bahkan narkoba sudah menggerogoti kaum muda di masyarakat kita. Padahal sudah sangat jelas bahaya merokok bagi kesehatan tubuh, miras dan narkoba akan menyebabkan kecanduan, penyakit dan kematian. Cara menjaga kesehatan dengan pola hidup sehat sangat mempengaruhi masa depan kita dan hari tua kita. Pecandu narkoba dan miras serta rokok bisa dipastikan usianya lebih pendek dan rentan terkena penyakit dibanding orang yang menjalani hidup sehat tanpa narkoba dan miras. Ini adalah tantangan kaum muda dalam cara menjaga kesehatan reproduksi, menjaga pergaulan yang sehat dan berpegang teguh pada ajaran agama.

Kebiasaan hidup yang teratur dan sehat serta dikerjakan secara kontinyu akan dapat mempengaruhi tingkat kebugaran jasmani seseorang. Selain itu, kita perlu menghindari kebiasaan merokok, mabuk,dan mengonsumsi narkoba.

  1. Istirahat atau Tidur yang Cukup

Orang yang kurang cukup tidur mudah mendapat gangguan jasmani maupun rohani. Ia akan sering merasa letih, tidak bertenaga, cemas, dan tidak tenang. Waktu tidur yang cukup rata-rata 8-10 jam per hari.

  1. Olahraga Teratur

Banyak yang menganggap olah raga itu melelahkan dan membuat tubuh jadi lelah, misalnya olah raga berlari pada pagi hari. Padahal aktifitas olah raga tidak harus dilakukan dengan cara aktifitas yang melelehkan, apa lagi jika anda termasuk orang yang  jarang olah raga. Anda bisa melakukan tips menjaga kesehatan dengan gerakan ringan di pagi hari, senam atau jalan santai di pagi hari. 1000 langkah setiap hari sangat banyak manfaatnya untuk kesehatan. Cara menjaga kesehatan dengan olah raga rutin bisa membantu membakar kalori dan lemak yang tidak dibutuhkan oleh tubuh.

Salah satu cara untuk meningkatkan kebugaran jasmani adalah berolahraga secara teratur dan kontinyu. Dengan berolahraga peredaran darah menjadi lancar dan asupan oksigen ke dalam tubuh meningkat sehingga tubuh menjadi segar dan sehat. Olahraga teratur juga dapat memberikan sensasi semangat dalam tubuh kita sehingga membuat kita giat bekerja. (Menik)


1 Comment

tagar

May 16, 2016 at 8:41 am

ntuk meningkatkan kebugaran jasmani kayanya perlu adanya acara-acara olahraga yang rutin kebugaran

Leave a Reply